RS Citra Sundari, Ibu Profesional dan Komunitas Peduli Asi Banten adakan Kelas Menyusui dalam Rangkaian Peringatan Hari ASI Sedunia

Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemberian ASI (Air Susu Ibu) eksklusif dan menyusui di kalangan ibu, RS Citra Sundari bekerja sama dengan Ibu Profesional Banten dan Komunitas Peduli ASI Banten telah menyelenggarakan kelas menyusui ke-2 dalam rangkaian peringatan Hari ASI Sedunia. Acara ini diselenggarakan pada hari Minggu, 6 Agustus 2023 di Aula Kresna RS Citra Sundari, dan dihadiri oleh banyak ibu-ibu yang tertarik untuk memahami lebih dalam tentang ASI dan penyusuan.

Kelas menyusui ke-2 menyusul acara pada tanggal 9 Juli 2023 ini menjadi momen berharga bagi para ibu di sekitar Banten untuk memperoleh informasi berharga seputar menyusui yang disampaikan oleh narasumber ahli. Dalam acara tersebut, dua topik utama yang diangkat adalah “Problematika Menyusui” oleh Anisya Cahya Melati dan “Menyusui untuk Ibu Pekerja” oleh Widya Sartika, SE, SST, MARS yang merupakan konselor laktasi RS Citra Sundari.

Dalam sesi pertama, Anisya Cahya Melati, sebagai salah satu narasumber yang berpengalaman dalam bidang menyusui, membahas berbagai masalah dan tantangan yang sering dihadapi oleh ibu-ibu saat menyusui. Dia menyampaikan solusi dan tips praktis untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, seperti posisi menyusui yang benar, mengatasi keluhan puting lecet, dan mengatasi masalah produksi ASI yang kurang. Peserta kelas sangat antusias mengikuti presentasinya dan aktif bertanya mengenai pengalaman pribadi mereka.

Sesi kedua, yang dipandu oleh Widya Sartika, SE, SST, MARS, fokus pada peran penting ASI bagi ibu yang bekerja. Dia membahas tentang pentingnya menciptakan lingkungan yang suportif di tempat kerja agar ibu dapat terus memberikan ASI kepada bayi mereka meskipun sedang bekerja. Widya memberikan informasi tentang hak-hak ibu pekerja terkait menyusui, pentingnya menyusui secara eksklusif selama enam bulan pertama, dan cara menyimpan ASI di tempat kerja.

Peringatan Hari ASI Sedunia ini juga didukung oleh Ibu Profesional Banten dan Komunitas Peduli ASI Banten yang memiliki misi bersama dalam menyebarkan informasi tentang pentingnya ASI bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Acara ini diharapkan dapat menjadi momen edukatif yang mendorong perubahan positif dalam praktik menyusui di kalangan ibu-ibu di Banten.

Dengan terselenggaranya kelas menyusui ke-2 yang sukses ini, RS Citra Sundari, Ibu Profesional Banten, dan Komunitas Peduli ASI Banten berharap dapat terus berkolaborasi dalam mengadakan lebih banyak kegiatan edukatif dan berdaya guna lainnya untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya ASI eksklusif dan menyusui di kalangan masyarakat.

Buat situs web atau blog di WordPress.com